Langkah-langkah Membuat Tabel pada Ms. Word
Tabel
Tabel
adalah sekumpulan kotak yang tersusun ke dalam baris dan kolom. Tabel
dapat digunakan untuk mengatur jenis konten, khususnya jika pekerjaan
Anda adalah mengolah teks atau data numerik agar mudah dipahami. Dengan
Microsoft Word, Anda dapat menambahkan tabel kosong atau mengubah teks /
konten yang ada menjadi sebuah tabel dengan cepat.
Ada 4 cara membuat tabel pada Ms.Word:
1. Menambahkan tabel kosong
Tentu
saja, Anda harus menambahkan sebuah tabel kosong pada lembar Word Anda.
Cara menambahkannya cukup mudah kok, berikut ini cara-caranya:
- Tempatkan
kursor teks di mana Anda hendak menambahkan tabel. Kursor teks ini
berbentuk garis yang berkedip di lembar Word Anda. Apakah Anda sudah
menemukannya?
- Lalu, pilih tab Insert pada menu bar Word 2016, kemudian klik “Table” seperti gambar di bawah ini.

- Selanjutnya
akan muncul menu drop-down yang berisi kotak-kotak. Nah, seret kursor
mouse Anda dari kotak kiri atas untuk memilih jumlah kolom dan baris
yang Anda inginkan. Sesuaikan jumlah kotak yang berwarna jingga agar
sesuai dengan keinginan Anda. Contoh, jika Anda hendak membuat tabel
dengan 6 kolom dan 6 baris seperti pada gambar di bawah, maka Anda
menyeret kursor mouse dari kotak kiri atas ke 6 kotak dari kiri dan 6
kotak dari atas.
- Untuk
mengkonfirmasi jumlah kolom dan baris yang Anda kehendaki, lepaskan
jari Anda dari tombol kiri mouse. Selanjutnya, tabel akan muncul dengan
jumlah kolom dan baris sesuai kehendak Anda.

- Untuk memasukkan teks ke dalam tabel, tempatkan kursor teks di setiap kotak, baru deh Anda bisa mulai mengetik.
Untuk
berpindah dari satu kotak ke kotak sebelahnya, Anda bisa menggunakan
tombol Tab atau tombol panah pada keyboard. Jika kursor teks berada di
kotak terakhir, ketika Anda menekan tombol Tab, maka kursor teks akan
secara otomatis membuat baris baru.
2. Mengubah teks yang ada menjadi tabel

Untuk
berpindah dari satu kotak ke kotak sebelahnya, Anda bisa menggunakan
tombol Tab atau tombol panah pada keyboard. Jika kursor teks berada di
kotak terakhir, ketika Anda menekan tombol Tab, maka kursor teks akan
secara otomatis membuat baris baru.
Suatu saat, bisa saja Anda menemukan teks yang bisa diubah menjadi tabel. Seperti pada contoh di bawah ini, dimana setiap baris teks berisi bagian dari checklist, tugas-tugas dan hari dalam seminggu. Item-item dari tiap bagian dipisahkan dengan tab. Word dapat mengubah informasi ini ke dalam tabel, dengan cara menggunakan karakter tab untuk memisahkan data ke dalam kolom. Berikut ini caranya:
- Pilih teks yang akan diubah menjadi tabel. Gambar di bawah ini adalah contohnya.
- Buka tab Insert, kemudian klik “Table”.
- Pilih “Convert Text to Table” dari menu drop-down.
- Selanjutnya,
akan muncul sebuah kotak dialog. Pilih salah satu opsi pada bagian
“Separate text at”. Fungsi dari opsi-opsi ini adalah untuk mengatur
bagaimana Word mengetahui apa yang harus dimasukkan ke dalam setiap
kolom pada tabel yang hendak dibuat berdasarkan teks. Pada contoh kali
ini, kita akan memisahkan data dalam teks berdasarkan tab, maka pilih
“Tabs” pada bagian “Separate text at”.
- Klik OK. Dan voila, kini teks Anda sudah tersaji dalam bentuk tabel.
3. Memodifikasi tabel
Setelah
Anda menerapkan cara membuat tabel di Word yang telah kami berikan di
atas, kini Anda bisa mengatur tabel tersebut agar sesuai keinginan.
Dengan Word, Anda juga bisa mengubah tampilan tabel yang telah
ditambahkan ke dalam dokumen Anda dengan mudah. Ada beberapa pilihan
modifikasi, termasuk menambahkan baris atau kolom dan mengubah gaya
layout tabel. Berikut ini cara-caranya:
- Arahkan
kursor mouse Anda di luar tabel yang ingin Anda tambahkan baris atau
kolom. Untuk Word 2016, klik tanda plus yang muncul seperti pada gambar
di bawah.
- Dan voila, jadilah sebuah baris atau kolom baru yang ditambahkan ke dalam tabel.
- Tempatkan kursor teks di baris atau kolom yang ingin Anda hapus.
- Klik kanan, lalu pilih “Delete Cell”.
- Lalu,
sebuah kotak dialog akan muncul. Anda bisa memilih “Delete entire row”
untuk menghapus satu baris atau “Delete entire column” untuk menghapus
satu kolom, kemudian klik OK.
- Baris atau kolom sudah dihapus.
Selain
dengan cara di atas, Anda juga dapat menambahkan kolom atau baris pada
tabel dengan cara klik kanan tabel, lalu pilih Insert untuk melihat
berbagai pilihan baris dan kolom seperti gambar di bawah. Anda bisa
memilih untuk menambahkan kolom di kiri atau kanan kotak, serta
menambahkan baris di atas atau bawah kotak yang Anda klik. Cara ini
adalah cara satu-satunya untuk menambahkan baris atau kolom tabel pada
Word 2016 ke bawah.

Jika
tadi Anda sudah tahu cara menambahkan kolom atau baris pada tabel, kini
kami akan menunjukkan cara menghapus baris atau kolom pada tabel yang
Anda tambahkan di Word. Berikut ini caranya:
Fitur
gaya pada layout tabel memungkinkan Anda untuk mengubah tampilan dan
layout dari tabel Anda dengan singkat dan mudah. Fitur ini memiliki
beberapa elemen desain, termasuk warna, border, dan font. Gimana sih
cara menggunakannya?
- Klik kotak mana saja di tabel Anda, lalu klik tab “Design” pada ribbon “Table Tools”.
- Cari bagian “Table Styles”, lalu klik drop-down “More” untuk melihat daftar lengkap dari gaya-gaya yang tersedia.
- Pilih gaya tabel yang diinginkan.
- Dan jreng jreng, gaya tabel yang Anda pilih kini sudah diterapkan pada tabel yang Anda pilih.
4. Memodifikasi tabel menggunakan tab Layout
Di
Word, tab Layout akan muncul setiap kali Anda memilih tabel Anda. Tab
ini berada pada ribbon “Table Tools”. Anda dapat menggunakan beberapa
perintah pada tab ini untuk memodifikasi layout atau tata letak pada
tabel Anda. Berikut ini kendali layout atau tata letak tabel pada Word:
- “Rows and Columns”: Perintah ini berfungsi untuk memasukkan atau menghapus baris dan kolom tabel dengan cepat. Hal ini dapat sangat berguna jika Anda ingin menambahkan konten baru di tengah tabel Anda.
- “Merge dan Split Cells”: Beberapa tabel terkadang membutuhkan tata letak yang tidak sesuai dengan layout kotak standar. Anda bisa saja hendak menggabungkan beberapa kotak yang berdekatan pada tabel menjadi satu kotak atau membagi sel menjadi dua. Gunakan perintah ini untuk melakukan hal tersebut.
- “Change Cell Size”: Dengan perintah ini, Anda bisa mengatur tinggi baris atau lebar kolom pada tabel Anda sesuai keinginan secara manual. Anda juga bisa menggunakan perintah AutoFit, fitur untuk menyesuaikan lebar kolom dan tinggi baris secara otomatis berdasarkan teks yang berada di dalam kotak tabel.
- “Distribute Rows/Columns”: Agar tabel Anda terlihat rapi dan terorganisir, Anda bisa jadi hendak mendistribusikan baris atau kolom yang sama. Ini akan membuat kotak-kotak pada tabel Anda memiliki ukuran yang sama. Anda dapat menerapkan perintah ini untuk seluruh kotak pada tabel atau hanya sebagian saja.
- “Align Cell Text”: Dengan perintah ini, Anda dapat mengubah perataan teks di dalam tabel yang Anda buat. Anda bisa mengaturnya menjadi rata kiri atas, rata kiri tengah, rata kiri bawah, dan sebagainya.
- “Change Text Direction”: Dengan perintah ini, Anda dapat mengubah arah teks dari horizontal menjadi vertikal dengan mudah.
Sumber: https://dosenit.com/software/microsoft/office/cara-membuat-tabel-di-word
Komentar
Posting Komentar