Data Warehouse dan Data Mart

Data Warehouse dan Data Mart

Pengertian Data Warehouse dan Data Mart

Pengertian Dan Perbedaan Data Warehouse dan Data Mart - Pada kesempatan ini Pendidikanku akan membahas mengenai Pengertian dan Perbedaan antara data warehouse dan data mart , pada tulisan sebelumnya sudah dibahas mengenai Pengertian Data warehouse dan Komponenya . namun pada inti nya , pengertian data warehouse adalah suatu gudang data yang didalamnya itu terdapat data-data historis (sejarah) yang didapat dari berbagai sumber untuk dapat mengambil suatu keputusan.

sedangkan pengertian data mart adalah bagian dari data warehouse tersebut dan berada pada level departemen pada suatau organisasi atau organisasi . Data mart tersebut menangani sebuah business proses, misalkan pada penjualan, maka hanya pada proses penjualan itu saja yang akan ditangani pada data mart.


Sedangkan pengertian data mart adalah bagian dari data warehouse tersebut dan berada pada level departemen pada suatau organisasi atau organisasi . Data mart tersebut menangani sebuah business proses, misalkan pada penjualan, maka hanya pada proses penjualan itu saja yang akan ditangani pada data mart.


Perbedaan Data Warehouse dengan Data Mart

Perbedaan antara data warehouse dan data mart adalah sebagi berikut:
Data warehouse merupakan gabungan dari beberapa data mart dan levelnya berada pada perusahaan atau organisasi.
Data mart merupakan bagian dari datawarehouse dan berada level departemen pada perusahaan atau organisasi tersebut. Data mart menangani sebuah business proses, misalkan penjualan, maka hanya proses penjualan saja yang ditangani pada data mart.

Data warehouse sendiri adalah database yang berisi data dari beberapa system operasional yang terintegrasi dan terstruktur sehingga dapat digunakan untuk mendukung analisa dan proses pengambilan keputusan dalam bisnis. Data warehouse didesain untuk kita bisa melakukan query secara cepat. Informasi diturunkan dari data lain, dilakukan rolling up untuk dijadikan ringkasan, dilakukan operasi drilling down untuk mendapatkan informasi lebih detail, atau melihat pola yang menarik atau melihat trend (kecenderungan).

Kemudian yang dimaksud data mart adalah lapisan akses dari data warehouse lingkungan yang digunakan untuk mendapatkan data keluar bagi pengguna. Data mart adalah subset dari data warehouse yang biasanya berorientasi pada lini bisnis tertentu atau tim. Dalam beberapa penyebaran, masing-masing departemen atau unit bisnis dianggap sebagai pemilik data mart yang termasuk semua perangkat lunak, perangkat keras dan data.

Untuk lebih jelasnya perbedaan data warehouse dan data mart adalah sebagai berikut:







Sumber: https://www.pendidikanku.org/2015/11/perbedaan-data-warehouse-dan-data-mart.html
                https://aullyaarvianto.wordpress.com/2014/01/18/perbedaan-data-warehouse-dan-data-mart/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendekatan Basis Data

Langkah-langkah Membuat Kolom Koran pada Ms. Word